Analisis sikap dan perilaku penghematan listrik

Menghemat listrik adalah salah satu solusi untuk membuat keseimbangan antara pasokan listrik dan kebutuhan listrik.

Analisis sikap dan perilaku penghematan listrik

Lalu, sebanyak 80,9 persen rumah tangga pengguna listrik PLN tersebut, memasang daya kurang dari watt.

Analisis sikap dan perilaku penghematan listrik

Hal itu disampaikan oleh Agus Joko Pitoyo, M. Sebagian besar rumah tangga menganggap pemasasangan daya watt cukup untuk memenuhi kebutuhan energinya sehingga tidak perlu memasang daya lebih besar lagi.

Besar daya listrik yang terpasang dapat memengaruhi perilaku rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. Daya listrik yang kecil membuat rumah tangga bersikap lebih cermat di dalam pemanfaatannya agar tidak melebihi kapasitas. Adapun jumlah responden rumah tangga yang terlibat dalam studi ini mencapai 6.

Hasil studi menunjukkan, secara nasional, perilaku penduduk yang hemat listrik masih sedikit lebih tinggi dibanding dengan penduduk yang berperilaku tidak hemat listrik, besarnya masing-masing 56,7 persen dan 43,3 persen.

Sementara penduduk di Pulau Jawa memiliki perilaku hemat listrik yang paling rendah, yakni hanya mencapai 42,2 persen.

Faktor yang menyebabkan penduduk di Jawa berperilaku tidak hemat listrik karena tingkat ekonomi dan ketersediaan fasilitas yang dimiliki oleh rumah tangga reatif lebih baik dibandingkan dengan wilayah lain.

Secara umum, perilaku rumah tangga di Indonesia dalam memanfaatkan energi listrik secara efisien tergolong cukup baik. Selain menggunakan lampu hemat energi, banyak rumah tangga sudah sadar melakukan penghematan dengan tidak menyalakan lampu di siang hari.

Dari hasil survey diketahui, tujuh dari sepuluh rumah tangga di Indonesia cenderung mematikan lampu di siang hari. Meski demikian, perilaku hemat listrik hanya berselisih sedikit dengan perilaku tidak hemat listrik. Maka, masih perlu adanya upaya penyadaran kepada masyarakat agar lebih efisien dalam memanfaatkan energi listrik.

Siti Aini Hanum, M. Berbagai kampanye penyadaran masyarakat tentang lingkungan hidup yang ditujukan bagi setiap lapisan masyarakat sudah pernah dilakukan.

Meski demikian, masih dirasa belum cukup. Kepedulian publik dan insan media massa terhadap isu-isu lingkungan perlu ditingkatkan sebagai salah satu agenda penting karena masih dinilai kurang.

Siti mencontohkan, jika ada isu konflik lahan, seringkali opininya tidak dibangun ke arah tata ruang, lahan itu diperuntukkan sebagai apa. Namun, lebih dilihat pada konfliknya, siapa yang berkonflik, dan lain sebagainya sehingga persoalan lingkungan tidak menonjol.

Citations (11)

Kebijakan Kenaikan TDL Jumlah penduduk yang besar serta laju pertumbuhan menjadi tantangan dalam pemenuhan kebutuhan listrik di Indonesia. Tak bisa dipungkiri, terkadang jumlah penduduk berlebih membatasi pemerintah untuk menyelenggarakan pemerintahan, dan memberikan pelayanan publik dengan baik.

Mulai 1 Juli pemerintah menaikkan tarif dasar listrik. Kenaikan TDL akan diberlakukan kepada enam golongan seperti industri I-3 non go public, pemerintah P2, penerangan jalan umum P3, serta rumah tangga yang memasang daya listrik mulai 1. Terkait kebijakan tersebut, Dr.

Membangun Listrik Harus Dibarengi Perilaku Hemat Energi - Page 2 of 2 - attheheels.com

Penerapan kebijakan kenaikan TDL bagi industri, dan rumah tangga yang memasang daya listrik cukup besar dinilai masih wajar. Tampaknya logika kenaikan TDL seperti itu.pertanyaan dan wawancara mendalam.

Analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih Perilaku (sikap yang diungkapkan dalam bentuk tindakan) warga masyarakat 3 Penghematan energi listrik 10 24 4 Penghematan air bersih 19 adalah penghematan energi listrik sebesar % pada motor listrik, total penghematan energi listrik adalah 4,95%, atau sama dengan ,6 kwh/bulan, atau bila dirupiahkan sama dengan Rp /tahun.

analisis sikap dan perilaku penghematan listrik pada sektor rumahtangga di kota bogor anggi mayang sari departemen ilmu keluarga dan . dan guru Pengetahuan Memahami pengetahuan faktual tentang dirinya. santun. dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan di sekolah Keterampilan Menyajikan pengetahuan faktual tentang alam dalam bahasa yang jelasdan logis.

dan dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat SD kelas Sikap Sosial Menghargai dan menghayati perilaku jujur. dalam. Analisis Sikap Dan Perilaku Penghematan Listrik Pada Sektor Rumahtangga Di Kota Bogor.

Affiliations

ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU PENGHEMATAN LISTRIK PADA SEKTOR RUMAHTANGGA DI KOTA BOGOR ANGGI MAYANG SARI DEPARTEMEN ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR PERNYATAAN MENGENAI SKRIPSI DAN SUMBER INFORMASI Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi Analisis Sikap.

Menghemat listrik adalah salah satu solusi untuk membuat keseimbangan antara pasokan listrik dan kebutuhan listrik. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan perilaku hemat listrik di sektor rumah tangga di Kota Bogor.

contoh perilaku hemat energi | Sahabat Air SMA Negeri 1 Purwosari